Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Soda kue dan baking powder seringkali digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Namun, banyak orang seringkali bingung mengenai perbedaan antara kedua bahan ini. Meskipun keduanya memiliki peran yang serupa dalam proses pembuatan kue, namun soda kue dan baking powder memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Soda kue, atau biasa juga disebut soda kue, adalah bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pengembang dalam pembuatan kue. Soda kue bekerja dengan cara merangsang pembentukan gas karbon dioksida ketika terkena asam, misalnya cuka atau yogurt. Gas karbon dioksida ini lah yang membuat adonan kue menjadi mengembang dan empuk. Soda kue biasanya digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan asam, seperti cokelat, jeruk, atau tomat.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara soda kue dan asam tartar. Baking powder sudah mengandung asam di dalamnya, sehingga tidak memerlukan tambahan asam tambahan untuk mengaktifkannya. Baking powder juga mengandung bahan pengisi, seperti tepung maizena atau tepung jagung, yang bertujuan untuk mencegah reaksi kimia yang terlalu cepat. Baking powder biasanya digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam.

Dalam penggunaannya, soda kue biasanya digunakan dalam jumlah yang lebih sedikit daripada baking powder, karena soda kue lebih kuat dalam menghasilkan gas karbon dioksida. Selain itu, soda kue juga lebih cocok digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan asam, sementara baking powder lebih cocok digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam.

Jadi, meskipun soda kue dan baking powder memiliki peran yang serupa dalam proses pembuatan kue, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal komposisi dan penggunaannya. Oleh karena itu, penting bagi para penggemar kue untuk memahami perbedaan antara kedua bahan ini agar dapat menghasilkan kue yang sempurna dan lezat.